Trik Merawat Dan Membersihkan Neck Dan Finggerboard


Kotoran dari minyak dan keringat yang bercampur debu dapat membuat playability neck menjadi tidak nyaman. Kotoran-kotoran ini biasanya banyak terdapat di daerah dekat atau sepanjang pinggir fret. Setiap kali mengganti senar maka sebaiknya bersihkan fretboard karena saat mengganti senar tersebut fretboard lebih mudah dibersihkan karena tidak terhalang senar.
Pembersihan cukup dengan mengelap fretboard dengan kain kering, hal in bila kondisi kotornya tidak parah. Namun jika banyak kotoran menumpuk, bersihkanlah dengan menggunakan sikat gigi. Sedang untuk kotoran yang susah dihilangkan, gunakan cotton bud yang sudah diberi naptha (cairan zippo), oleskan pada kotoran, lalu kerok dengan ujung tusuk gigi. Jangan menggunakan pisau cutter untuk mengerok karena dapat menggores dan merusak fingerboard. Bisa juga menggunakan kartu voucher seluler bekas untuk mengerok kotoran.

Untuk fingerboard yang terbuat dari bahan maple, cukup gunakan cleaner yang biasa digunakan untuk membersihkan bodi gitar. Cleaner ini dapat dibeli di toko dengan bermacam merek. Akan tetapi jangan gunakan cleaner ini untuk fingerboard rosewood. Anda dapat memakai cleaner dan conditioner khusus untuk fretboard rosewood terutama bila kondisi kayu terlihat kering. Cleaner khusus rosewood atau ebony bisa membuat kayu lebih terlihat bersih dan gelap.
Biasanya bagian belakang neck di-finish dengan lapisan yang sama dengan bodi, jadi Anda juga bisa menggunakan cleaner bodi untuk menghilangkan minyak bekas keringat yang menempel pada neck.
Selamat mencoba mempertahankan keindahan dan penampilan gitar kesayangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar